Jurus Daihatsu hadapi Wuling Convero S dan Mitsubishi Expander

Jurus Daihatsu hadapi
Merdeka.com – Daihatsu menyiapkan jurus penangkal menghadapi kedatangan pesaing baru di pasar mobil segman small multipurpose vehicel (MPV) di Indonesia. Pesaing baru yang dimaksud adalah kehadiran mobil Wuling Convero S dan small MPV besutan Mitsubishi Indonesia yang katanya bernama Expander.

Keduanya akan diluncurkan pada Agustus tahun ini saat pameran otomotif dunia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD City, mulai 10 Agustus.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, mengaku pihaknya sudah menyiapkan dua strategi untuk menghadapi pesaing baru mobil Daihatsu Xenia yang bemain di segmen small MPV. Pertama, strategi network dan kedua strategi harga jual.

Konsumen mobil di segmen small MPV ini, kata dia, sangat peduli terhadap layanan purnajual, seperti jaringan bengkel dan ketersediaan komponennya di seluruh Indoneia.

"Soal strategi harga jual, saya merasa penetapan harga jual Xenia saat ini sudah tepat di segmen small MPV," ujar Hendrayadi saat buka puasa bersama Daihatsu Indonesia di Jakarta, kemarin.

Saat ini harga jual Daihatsu Xenia mulai Rp 180 jutaan untuk tipe terendah (X MT 1.3 Standar), sedangkan tipe tertinggi, R AT 1.3 Sporty, dibanderol Rp 215 jutaan. Periode Januari-Mei tahun ini, total penjualan ritel Xenia tercatat 14.329 unit, dengan meraih pangsa pasar 19 persen.

Menurut dia, pasar small MPV akan semakin besar dengan kehadiran Wuling dan Mitsubishi Expander. Apalagi saat ini segmen mobil MPV merupakan segmen pasar mobil terbesar di Indonesia dengan pangsa sekitar 30 persen dari total pasar mobil nasional yang kini rata-rata satu juta unit per tahun.

Hendrayadi belum bersedia menjelasan model-model baru apa saja yang disiapkan Daihatsu di pasar mobil Indonesia tahun ini.

"Saat ini belum ada informasi yang bisa dibagi soal model baru," kata Hendrayadi berke [ega]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *