Agya-Ayla beda Rp 5 juta karena fitur keselamatan

Agya-Ayla beda Rp 5 juta karena fitur keselamatan
Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla dipasarkan dengan harga yang ekonomis dengan segudang penyempurnaan teknologi. Namun seperti disampaikan, produk Toyota akan lebih mahal dari Daihatsu karena perbedaan spesifikasi yang lebih jauh menyangkut sasaran kelas.

BERITA TERKAIT
Rupiah melemah, Toyota naikkan harga Rush, Agya serta Calya
Menperin bangga investasi Toyota dalam negeri tembus Rp 20 triliun
Semester I-2018, Toyota ekspor 117.200 unit mobil

Dalam skemanya, Toyota Agya atau bernama lengkap Astra Toyota Agya diperuntukkan di segmen yang lebih tinggi dari Astra Daihatsu Ayla. Hal ini seperti juga dialami Avanza-Xenia, ataupun Rush dan Terios, yang juga selalu lebih mahal di sisi Toyota.

Soal harga, Daihatsu Ayla akan dipasarkan dalam empat varian dengan kode D, D+, M, dan X. Varian D sebagai yang termurah dilepas dengan harga Rp 75 juta yang antara lain bumper belum sewarna dengan bodi, tanpa AC.

Jendela mobil masih menggunakan engkol sehingga tanpa power window, dan tanpa sistem hiburan audio dan hanya transmisi manual. Adapun D+ sudah punya power window, sudah memiliki AC, tetapi tetap dengan transmisi manual.

Varian M tersedia dalam pilihan transmisi manual dan matik dengan perbedaan harga Rp 10 juta (M/T Rp 80 juta, sedangkan A/T Rp 90 juta) dengan AC, power window, lampu kabut, panel pintu moulding, velg kaleng.

Adapun varian X sebagai yang termahal juga dipasarkan dengan pilihan dua transmisi, manual dan otomatis (Rp 105 juta). Dengan harga ini sudah memiliki semuanya, plus velg alloy, dan pemanis krom di kisi-kisi depan mesin, transmisi otomatis dengan MID, roof spoiler, dan sistem audio terintegrasi.

Soal Agya, ia hadir dalam tiga varian, yakni TRD-S, High-Grade (G), dan Medium-Grade (E). Varian TRD-S dilengkapi bagian tambahan di depan, belakang, dan samping, serta emblem TRD-S, dan stiker TRD-S.

Sementara itu, varian High Grade (G) mengutamakan eksterior yang dilengkapi dengan kroom pada grille radiator dan bagian pelindung samping, juga desain pegangan pintu luar dan spoiler belakang. Kelengkapannya sudah termasuk pendingin udara, dan power window dengan auto down untuk pengemudi.

Khusus varian TRD S dan High Grade (G) terdapat fitur Chrome A/C Register, Chrome list combination meter, dua Din Audio CD/MP3/USB/Aux, chrome parking brake knob, dan chrome parking shift lever knob, serta power steering. Adapun varian Medium-Grade (E)-nya sudah termasuk 1 Din Audio CD/MP3/USB/Aux.

Yang tidak dimiliki Ayla pada Agya selain sabuk keselamatan di tiap kursi adalah airbag. Inilah yang memungkinkan perbedaan harga di kisaran Rp 5 juta, yang andai kata Ayla termahal dipatok pada Rp 105 juta, maka Agya dibandrol Rp 110 juta.

(kpl/why/vin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *